cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Agora
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Economy,
Arjuna Subject : -
Articles 80 Documents
Search results for , issue " Vol 2, No 1 (2014): Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis" : 80 Documents clear
PENGARUH PENERAPAN PRINSIP – PRINSIP GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR Alvin, Kho
Agora Vol 2, No 1 (2014): Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis
Publisher : Agora

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (78.005 KB)

Abstract

Bisnis masa kini sangat erat kaitannya dengan tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance), khususnya dalam perusahaan keluarga (Family Business). Penerapan Good Corporate Governance (GCG) memiliki implikasi manajerial yang kuat dalam memperkokoh perusahaan. Di sisi lain, kinerja karyawan, loyalitas karyawan dan  turnover karyawan adalah beberapa aspek yang menjadi pusat kajian tentang Organizational Citizenship Behavior (OCB). Implementasi prinsip-prinsip GCG dan implikasi manajerialnya terhadap OCB membuka peluang kajian yang sangat luas.   Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan penggalian data melalui wawancara dan observasi. Subjek penelitian ini adalah sebuah perusahaan makanan beku (frozen food) di Jawa Timur. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa prinsip – prinsip GCG memiliki implikasi manajerial terhadap OCB karyawan.
ENTREPRENEURIAL MOTIVATION DAN PERSEPSI TERHADAP HAMBATAN PERTUMBUHAN USAHA MIKRO DAN KECIL PADA SEKTOR FORMAL DI JAWA TIMUR Sundoro, Sumarto Ardi
Agora Vol 2, No 1 (2014): Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis
Publisher : Agora

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (78.005 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisa Entrepreneurial Motivation dan hambatan dalam pertumbuhan usaha mikro dan kecil pada sektor formal di Jawa Timur. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan teknik pengambilan sampel non-probability sampling serta pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuisioner. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa responden yang mempunyai motivasi tinggi mempersepsikan hambatan pada kategori tinggi  berupa tenaga kerja dan kompetisi serta pada kategori sedang adalah finansial, ekonomi dan teknologi, manajerial, infrastruktur, korupsi dan kejahatan, serta lokasi dan jaringan dalam pertumbuhan usaha. Penulis menyarankan agar pengusaha mikro dan kecil dapat menyadari dan meningkatkan motivasi yang ada pada diri mereka
IMPLEMENTASI PRINSIP TRANSPARENCY, ACCOUNTABILITY, RESPONSIBILITY, INDEPENDENCY, DAN FAIRNESS PADA PERUSAHAAN KELUARGA PT. GENESYS INTEGRATED INDONESIA DI SURABAYA Kusumo, Alexander Hudiono
Agora Vol 2, No 1 (2014): Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis
Publisher : Agora

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (78.005 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan prinsip – prinsip transparency, accountability, responsibility, independency, and fairness pada perusahaan keluarga PT. Genesys Integrated Indonesia di Surabaya. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dan melakukan pengamatan langsung pada PT. Genesys Integrated Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian, PT. Genesys Integrated Indonesia termasuk dalam kategori Family Business Enterprise (FBE) yang telah menerapkan prinsip Good Corporate Governance. Untuk prinsip Transparency, Responsibility dan Independency telah dilaksanakan dengan baik oleh PT. Genesys Integrated Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari arus informasi dan kebijakan telah dikomunikasikan kepada karyawan, perusahaan telah melakukan Corporate Social Responsibility dan audit internal dari perusahaan tidak mendapat pengaruh dari pihak eksternal. Sedangkan untuk implementasi prinsip Accountability dan Fairness masih belum diterapkan secara optimal. Hal ini dapat dilihat dari tidak terdapatnya audit eksternal, Standard of Procedure, job description secara jelas dan masih terdapat divisi yang mendominasi pada perusahaan. Untuk itu, PT. Genesys Integrated Indonesia harus melakukan perbaikan pada prinsip Accountability dan Fairness dengan cara mengadakan audit eksternal, memperbaiki susunan job description, dan membuat divisi baru untuk membantu divisi yang mendominasi
ANALISA PEKERJAAN DAN DESAIN PEKERJAAN PADA PT CHANDRA ELC DI SIDOARJO Gunawan, Iwenas
Agora Vol 2, No 1 (2014): Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis
Publisher : Agora

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (78.005 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang dan menggambarkan desain pekerjaan dan analisa pekerjaan pada karyawan PT Chandra ELC di Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif atau studi kasus. Sumber data yang digunakan adalah data perimer dan data sekunder. Teknik penumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Pengujian keabsahan data akan menggunakan teknik triangulasi sumber Data akan diolah menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa perusahaan sudah menerapkan dekripsi pekerjaan dan spesifikasi pekerjaan yang dibutuhkan. Penerapan deskripsi pekerjaan dan spesifikasi pekerjaan PT Chandra Elc di sidoarjo dapat dikatakan sudah baik, namun perlu di perjelas lagi di karenakan setiap pekerjaan yang ada di masing masing jabatan memiliki perbedaan spesifikasi pekerjaan dan deskripsi pekerjaan. Sehingga setiap karyawan tidak bisa di pindah pindahkan jabatannya ataupun ditempatkan secara acak. Penerima jabatan harus memiliki kualifikasi spesifikasi pekerjaan dan deskripsi pekerjaan yang sesuai dengan jabatan yang akan diterima.
NILAI KRISTIANI DALAM PROSES SUKSESI PADA PERUSAHAAN KELUARGA (STUDI DESKRIPTIF PADA PT. RANDU KARYA PRAJA) Ocktavia, Fransisca
Agora Vol 2, No 1 (2014): Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis
Publisher : Agora

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (78.005 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan nilai Kristiani pada proses suksesi di PT. Randu Karya Praja (perusahaan keluarga). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Sumber data yang penulis gunakan yaitu melalui wawancara. Setelah data terkumpul, peneliti memastikan keabsahan data dengan triangulasi data, yaitu dengan membandingkan hasil wawancara dari berbagai narasumber yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam PT. Randu Karya Praja telah melaksanakan hampir keseluruhan tahapan proses suksesi dan ditemukan nilai-nilai Kristiani mewarnai proses suksesinya. Oleh karena itu, saran yang penulis berikan kepada perusahaan adalah agar perusahaan menjalankan tahapan proses suksesi yang belum dilaksanakan yaitu mengenai pedoman tata kelola perusahaan dan menanamkan nilai kristiani membagikan apa yang Yesus miliki tidak hanya kepada suksesor, tetapi juga kepada karyawan.
PENGARUH LEADERSHIP MEMBER EXCHANGE DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR KARYAWAN DI PT. WELCO Gosaria, Danny Christianto
Agora Vol 2, No 1 (2014): Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis
Publisher : Agora

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (78.005 KB)

Abstract

Didalam karya ilmiah ini peneliti ingin mengetahui Pengaruh Leadership Member Exchange dan Komitmen Organisasional terhadap Organizational Citizenship Behavior Karyawan di PT. Welco dengan menggunakan dimensi-dimensi Leadership Member Exchange dan dimensi-dimensi Komitmen Organisasional terhadap dimensi-dimensi Organizational Citizenship Behavior.                    Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada pihak yang bersangkutan. Hasil analisis data dengan menggunakan analisa deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji analisa regresi linear berganda, uji t, uji f. Cara yang dilakukan dalam penelitian ini adalah mengolah data hasil penyebaran kuesioner dan kemudian menganalisa dengan bantuan program Statistical Product and Service Solution for Windows Ver. 13.0 dan kemudian dibandingkan dengan penelitian dan teori yang ada.Berdasarkan hasil peneltian yang dilakukan, didapatkan hasil bahwa masing-masing variabel bebas, Leadership Member Exchange dan Komitmen Organisasional berpengaruh signifikan dan positif terhadap variabel terikat, Organizational Citizenship Behavior. Dan kedua variabel bebas, Leadership Member Exchange dan Komitmen Organisasional secarabersama-sama berpengaruh signifikan dan positif terhadap variabel terikat Organizational Citizenship Behavior.
PROSES PENERAPAN PRINSIP GOOD CORPORATE GOVERNANCE PADA PERUSAHAAN KELUARGA PT. X Layandi, Roland
Agora Vol 2, No 1 (2014): Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis
Publisher : Agora

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (78.005 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena penulis tertarik untuk memahami fenomena tata kelola perusahaan yang baik khususnya pada perusahaan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan prinsip Good Corporate Governance pada perusahaan keluarga PT. X yang bergerak dalam bidang penyediaan jasa tenaga kerja dan pengiriman ke luar negeri.Jenis penelitian ini kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan pengamatan secara langsung terhadap narasumber. Penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan metode.Berdasarkan hasil analisa yang diperoleh, diketahui bahwa Proses Penerapan Prinsip Good Corporate Governance pada  PT. X telah diterapkan dari waktu ke waktu disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan, hanya masih terdapat masalah pada prinsip Accountability yaitu terdapat rangkap jabatan dalam suatu divisi dan juga pada prinsip Fairness dimana tidak jelasnya penerapan reward dan punishment dalam perusahaan.
ANALISIS GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL PADA PERENCANAAN SUKSESI PERUSAHAAN MANUFAKTUR LAMPU Tjahjono, Cynthia Charista
Agora Vol 2, No 1 (2014): Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis
Publisher : Agora

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (78.005 KB)

Abstract

Sudah banyak penelitian yang mengungkap bahwa perusahaan keluarga mempunyai kontribusi besar terhadap kestabilan ekonomi dunia, sehingga perusahaan keluarga perlu dipertahankan. Agar perusahaan keluarga dapat terus bertahan sampai ke generasi berikutnya, diperlukan perencanaan suksesi serta kesiapan dari suksesor yang akan menjadi pemimpin berikutnya. Objek penelitian ini adalah gaya kepemimpinan transformasional pada perencanaan suksesi. Sedangkan subjek penelitian adalah perusahaan manufaktur lampu di Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Teknik penentuan informan menggunakan purposive sampling. Pengujian keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ini subjek penelitian tidak memiliki perencanaan suksesi yang terstruktur. Pemimpin perempuan sebagai suksesor bisa memenuhi tanggung jawab dan peran sebagai pemimpin. Gaya kepemimpinan transformasional suksesor bisa membuat para karyawannya tetap termotivasi dan dapat berkembang dalam organisasi.
PERAN ENTREPRENEURIAL LEADER DALAM MEWUJUDKAN HUBUNGAN INDUSTRIAL PADA CV BOROBUDUR SILVER YOGYAKARTA Wijayanti, Sherly
Agora Vol 2, No 1 (2014): Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis
Publisher : Agora

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (78.005 KB)

Abstract

Perubahan yang terjadi dalam dunia bisnis saat ini semakin kompleks dan kompetitif. Peran entrepreneurial leader diperlukan dalam upaya mencapai tujuan suatu organisasi, memberi pengaruh dalam perubahan dan pengambilan keputusan perusahaan. Dalam membangun hubungan industrial antara manajemen perusahaan dan pekerja, pemimpin harus dapat membawa perusahaannya ke arah yang lebih baik untuk bertahan dalam lingkungan yang kompetitif. Penelitian ini akan membahas bagaimana peran pemimpin perusahaan dalam mewujudkan hubungan industrial yang harmonis hingga dapat menjadikan CV Borobudur Silver berkembang sampai sekarang ini.  Pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan pengamatan. Penentuan informan menggunakan purposive sampling. Uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber yaitu membandingkan hasil wawancara dan pengamatan. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa pemimpin CV Borobudur Silver memiliki peran director, navigator, caretaker, coach dan interpreter. Peran pemimpin CV Borobudur Silver dapat memberi kontribusi dan dampak perusahaan untuk mewujudkan hubungan industrial yang harmonis. Sumber daya yang dimiliki dipadukan dengan baik dan cermat untuk mengoptimalkan tujuan perusahaan dan hubungan industrial yang harmonis sudah terjalin pada perusahaan.
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN MIE KERING PADA PT. PANCA WIJAYA SENTOSA FOOD SIDOARJO Effendi, Sando
Agora Vol 2, No 1 (2014): Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis
Publisher : Agora

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (78.005 KB)

Abstract

Abstrak—Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis strategi pemasaran mie kering pada PT. Wijaya Panca Sentosa Food Sidoarjo. Jenis penelitian menggunakan penelitian kualitatif. Penelitian dilakukan dengan wawancara dari beberapa narasumber, observasi, dan menggunakan analisis bauran pemasaran yang meliputi price, product, promotion, place and distribution. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan pada PT. Wijaya Panca Sentosa Food Sidoarjo sudah tepat namun ada beberapa kekurangan yang harus diperbaiki untuk lebih berkembang.

Filter by Year

2014 2014


Filter By Issues
All Issue Vol 10, No 2 (2022): Agora, Jurnal Mahasiswa Business Management Vol 10, No 1 (2022): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 9, No 2 (2021): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 9, No 1 (2021): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 8, No 2 (2020): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 8, No 1 (2020): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 7, No 2 (2019): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 7, No 2 (2019): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 7, No 1 (2019): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 7, No 1 (2019): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 6, No 2 (2018): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 6, No 1 (2018): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 5, No 2 (2017): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 5, No 1 (2017): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 4 (2016): Vol 4, No 1 (2016) Agora, Jurnal Manajemen Bisnis Vol 4, No 2 (2016): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 4, No 1 (2016): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 3 (2015): Vol 3, No 2 (2015) Agora, Jurnal Manajemen Bisnis Vol 3, No 2 (2015): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 3, No 1 (2015): Agora, Jurnal Manajemen Bisnis Vol 3, No 1 (2015): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 2, No 2 (2014): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 2, No 2 (2014): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 2, No 1 (2014): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 2, No 1 (2014): Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 1, No 3 (2013): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 1, No 3 (2013): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 1, No 2 (2013): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 1, No 2 (2013): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 1, No 1 (2013): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 1, No 1 (2013): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis More Issue